Kamis, November 30, 2023
Informasi

BPKAD Kabupaten Kendal Launching “POLKe” (Pelayanan Konsultasi Keuangan Daerah) dan “Si MANIS KEREN” (Sistem Informasi Rekening Satuan Kerja Perangkat Daerah)

KENDAL- BPKAD. Pada Hari Kamis (20/7/2023) bertempat di Ruang Rapat BPKAD Kabupaten Kendal, telah dilaksanakan Launching “SOPo POLKe” dan Aplikasi “SI MANIS KEREN”  yang secara simbolis dilaksanakan dengan Pengguntingan Pita Ruang Pelayanan “POLKe” oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Kendal,   Agus Dwi Lestari, S.IP, M.H.

“Kami berharap  dengan pelayanan konsultasi keuangan daerah ini dapat meningkatkan kualitas penatausahaan dan pertanggungjawaban belanja yang disusun oleh OPD di Wilayah Kabupaten Kendal, ” jelasnya disela pengguntingan pita Launching POLKe pada  Kamis (20/07/23).

“Pelayanan Konsultasi Keuangan Daerah” yang disingkat “POLKe” adalah pelayanan berupa klinik konsultasi dan fasilitasi dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kendal kepada OPD di Wilayah Kabupaten Kendal. Pelayanan yang diberikan di “POLKe” antara lain :

  1. Konsultasi Penatausahaan Belanja
  2. Konsultasi Pelaporan Pertanggungjawaban Belanja
  3. Konsultasi SIPD
  4. Konsultasi Pengganggaran
  5. Konsultasi Aset
  6. Konsultasi peneribitan SKPP

Dengan adanya pelayanan-pelayanan tersebut di “POLKe”  diharapkan memberikan kemudahan bagi OPD di Wilayah Kabupaten Kendal  dalam rangka upaya  peningkatan penatausahaan dan penyusunan pelaporan pertanggungjawaban belanja.

Sedangkan Sistem Informasi Rekening Satuan Kerja atau  “SI MANIS KEREN”  dimaksudkan Untuk mendukung pelayanan tugas dan fungsi di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kendal dalam hal pelayanan publik dengan tujuan optimalisasi Pengelolaan Rekening SKPD di Kabupaten Kendal dibutuhkan Sistem Informasi. Tanpa Sistem Informasi dalam pengelolaan rekening SKPD di Kabupaten Kendal maka Data pada Surat Keputusan Bupati tentang Penetapan Rekening Penerimaan dan Rekening Pengeluaran pada SKPD tidak valid, banyak ditemukan rekening yang sudah tidak aktif dan ada kesalahan pencatatan rekening sehingga BPKAD Kabupaten Kendal berupaya memberikan pelayanan publik berupa aplikasi SIMANIS KEREN (Sistem Informasi Rekening Satuan Kerja Perangkat Daerah). (Sekretariat BPKAD, 21/07/2023)